الموضوع: Kaffarat..

النتائج 1 إلى 3 من 3
  1. Exclamation Kaffarat..

    >المصدر<

    ( الـكفّــارات )

    - 1 -

    الإمام ناصر محمد اليماني
    Al-Imam Naser Mohammed Al-Yamani
    24 - 07 - 1930 هـ
    17 - 07 - 2009 مـ
    01:46 صباحاً
    ـــــــــــــــــــــــــ



    صــــــــــــلاة الكفــــــــــارة..

    Sholaatul Kaffaroh (Sholat Kaffaroh, Solat Penebusan)..


    بسم الله الرحمن الرحيم, والصلاة والسلام على خاتم الأنبياء والمرسلين وآله الطيبين الطاهرين..

    Dengan nama Allah Yang Maha Mengasihi lagi Maha Menyayangi. Solawat dan salam kepada penutup para nabi dan para utusan (rosul), dan keluarganya yang baik-baik dan suci.


    أخي الكريم, هذا حديث ما أنزل الله به من سلطان، صلاة الكفارة عن رسول الله أنه قال:

    Saudaraku yang terhormat, hadits ini, Allah tidak menurunkan dasar/alas/alasan terhadapnya, Sholat Kaffaroh (solat penebusan), dari Rosululloh bahwa dia berkata:


    اقتباس المشاركة :
    ( من فاته صلاة فى عمره ولم يحصها..فليقم فى آخر جمعة من رمضان ويصلى أربع ركعات بتشهد واحد ..يقرأ فى كل ركعة فاتحة الكتاب وسورة القدر خمسة عشر مرة وسورة الكوثر كذلك .. ويقول فى النية ..اللهم نويت أصلى أربع ركعات كفارة لما فاتنى من الصلاة ). قال أبو بكر: سمعت رسول الله يقول: هى كفارة أربعمائة سنة . وقال علي كرم الله وجهه: هى كفارة ألف سنة . قالوا يا رسول الله ..ابن ادم يعيش ستين سنة أو مائة سنة فلمن تكون الصلاة الزائدة؟ قال: تكون لأبويه وزوجته وأولاده فأقاربه ثم أهل بلده. )
    انتهى الاقتباس
    اقتباس المشاركة :
    Barangsiapa melalaikan sholat pada umurnya dan dia tidak dapat menghitungnya, maka haruslah dia berdiri di akhir Jumat dari (bulan) Romadhon, dan sholat 4 rokaat dengan 1 tasyahud.. lalu hendaklah dia membaca Pembukaan kitab (Al Fatihah) dan surat Al Qodar 15 kali dan surat Al Kausar seperti itu (15 kali juga).. dan hendaklah dia mengatakan dalam niat.. Allahumma nawaitu usholli arba'a roka'atin kafarotin lima fatani minas sholah (Ya Allah, aku berniat solatku 4 rokaat penebusan bagi apa yang telah kulalaikan dari sholat).
    Abu Bakar berkata: aku telah mendengar Rosululloh berkata: Ia adalah Penebusan 400 tahun, dan Ali karomAllohu wajhah (Allah menghormati/memulyakan wajahnya) berkata: Ia adalah penebusan 1000 tahun. Mereka bertanya: Hai Rosululloh.. Anak Adam hidup 60 tahun atau 100 tahun, lalu untuk siapa jadinya sholat yang berkelebihan? (Rosul) berkata: Dijadikan untuk bapak-bapaknya dan istri-istrinya dan anak-anaknya, lalu kerabat-kerabatnya, kemudian penduduk negerinya.)
    انتهى الاقتباس


    فهل يصدّق به عاقل؟ وإنما يريدون أن يتهاون المسلمون في الصلاة, ويقول: وسوف أقوم أصلي صلاة الكفارة, ومن ثم يضيعون الصلوات بزعمهم أن صلاة الكفارة أجرها أعظم من ذلك لدرجة أنه يمتد لأهلة وذريته جيلاً بعد جيل!! وذلك حتى يعتمد المُتهاونون في الصلاة فيضيعونها عاماً أو عامين أو أكثر، ومن ثم يصلي صلاة الكفارة التي ما أنزل الله بها من سلطان.

    Maka apakah akal membenarkannya? Sesungguhnya yang mereka inginkan hanyalah agar orang-orang Islam mensepelekan (meremehkan) sholat, dan berkata: Akan kudirikan Sholat Kaffaroh, kemudian mereka meninggalkan dan menyia-nyiakan sholat-sholat, dengan sangkaan mereka bahwa sholat penebusan pahalanya lebih besar dari itu, pada tingkat (derajat) bahwa dia (pahala dari Sholat Kaffaroh tersebut) bagi ahli-ahli dan keturunannya generasi setelah generasi
    !!

    Demikian itu, supaya orang-orang yang lalai dan meremehkan sholat mengandalkannya dan bergantung padanya, lalu mereka meninggalkan sholat selama setahun, atau dua tahun atau lebih lama, kemudian (melakukan) sholat (yang dinamakan) Sholat Kaffaroh, yang Allah tidak menurunkan dasar terhadapnya.


    بل الصلاة صلة بين العبد والرب وهي تخص صاحبها ولا تنوب صلاة عبد عن عبد أبداً.

    Bahkan sholat adalah hubungan antara hamba dengan Tuhan, ianya khusus (bagi) pelakunya, dan sholat seorang hamba tidak dapat digantikan/diwakilkan dari sholat orang lain selama-lamanya.


    ويا سبحان الله! فأي صلاة هذه التي يمتد أجرها لأولاده وأهل بيته وأهل بلده؟ بينما الذي حافظ عليها حتى لقي ربه لم نجدها تجاوزت صاحبها, وكلٌ له صلاته عند ربه, فهذا حديث مُفترًى وقد بيّنا لكم الحكمة الخبيثة منه, وذلك حتى يتم التهاون في الصلاة المفروضة فيتركها تفوته, ويقول فيما بعد أصلي صلاة الكفارة. قاتلهم الله أنّى يؤفكون!

    Duhai Mahasuci Allah! Lalu sholat apakah ini, yang pahalanya melebar/meluas bagi anak-anaknya dan penghuni rumahnya dan penduduk negerinya? Selama mana orang menjaga sholat sehingga dia menemui Tuhannya, tidak kami temukan sholat itu melebihi pelakunya, dan bagi setiap orang ganjaran pahala sholatnya adalah untuknya di sisi Tuhannya.

    Maka hadits ini Muftar (dibuat-buat), dan sungguh telah kami jelaskan kepada kalian hikmah bahayanya. Demikian itu berakhir pada penyepelean/pengremehan dalam sholat yang diwajibkan, lalu dia meninggalkannya dan melalaikan, dan pada masa mendatang dia akan berkata: Usholli sholatal kaffaroh (sahaja aku mengerjakan Sholat Penebusan). Semoga Allah memenggal mereka, bagaimana bisa mereka dipalingkan
    !



    وسلامٌ على المرسلين, والحمدُ لله ربّ العالمين..
    أخوك الإمام ناصر محمد اليماني.

    Salam ke atas para rosul, dan segala pujian bagi Allah Tuhan semesta alam..
    Saudaramu, Imam Nasser Mohammed Al Yamani.

    _____________


    penerjemah:

    Zetsuhud
    أبو عزرا

    sumber:
    https://nasser-alyamani.org/showthread.php?p=5251


  2. افتراضي


    - 2 -

    الإمام ناصر محمد اليماني
    Al-Imam Naser Mohammed Al-Yamani
    24 - 07 - 1930 هـ
    17 - 07 - 2009 مـ
    07:44 مساءً
    _________


    لا يعوضها إلا التوبة والإنابة من عدم إضاعة الصلاة..

    Tidak dapat menebus dan menggantikan sholat yang tertinggal, melainkan dengan bertobat untuk tidak menyia-nyiakan sholat dan kembali mendekatkan diri kepada Allah..


    بسم الله الرحمن الرحيم، وسلامٌ على المرسلين، والحمدُ لله ربّ العالمين..

    Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih, salam ke atas para rosul dan segala pujian bagi Allah Tuhan semesta alam..


    وعليكم أن تعلموا أن الصلوات المفروضات كتاباً موقتاً، فإذا ذهب وقت صلوات النهار فلن تستطيع تعويضها حتى ولو صليتها بعد غُروب الشمس مباشرةً. تصديقاً لقول الله تعالى:
    { إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا }
    صدق الله العظيم [النساء:103]

    Ketahuilah oleh kalian bahwa sholat-sholat yang difardhukan/diwajibkan itu tertentu waktunya, dan bila mana waktu sholat-sholat siang telah berlalu/pergi, maka kalian tidak akan bisa mengkompensasinya (menebus dan menggantikannya), bahkan sekalipun kalian langsung mensholatinya setelah terbenamnya matahari.

    Pembenaran terhadap firman Allah Ta'ala:

    { إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا }

    Sesungguhnya sholat itu ke atas orang-orang yang beriman adalah ditentukan waktunya.
    Maha Benar Allah
    [An Nisa' 103 ]



    ولو كان نبي الله سليمان يرى أنه يستطيع أن يعوّض صلاته لما قام يقطع سيقان وأعناق خيوله برغم أنه لا يحق له أن يفعل ذلك، ولكنه كان في حالة غضب أنها السبب التي ألهته عن الصلاة المفروضة فلن يستطيع أن يعوضها إلا بالتوبة والإنابة. وقال الله تعالى:

    { وَوَهَبْنَا لِدَاوُودَ سليمان نِعْمَ الْعَبْدُ إِنَّهُ أَوَّابٌ (30) إِذْ عُرِضَ عَلَيْهِ بِالْعَشِيِّ الصَّافِنَاتُ الْجِيَادُ (31) فَقَالَ إِنِّي أَحْبَبْتُ حُبَّ الْخَيْرِ عَنْ ذِكْرِ ربّي حَتَّى تَوَارَتْ بِالْحِجَابِ (32) رُدُّوهَا عَلَيَّ فَطَفِقَ مَسْحًا بِالسُّوقِ وَالأَعْنَاقِ (33) وَلَقَدْ فَتَنَّا سليمان وَأَلْقَيْنَا عَلَى كُرْسِيِّهِ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ (34) قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لا يَنْبَغِي لأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ (35) فَسَخَّرْنَا لَهُ الرِّيحَ تَجْرِي بِأَمْرِهِ رُخَاءً حَيْثُ أَصَابَ (36) وَالشَّيَاطِينَ كلّ بَنَّاءٍ وَغَوَّاصٍ (37) وَآخَرِينَ مُقَرَّنِينَ فِي الأَصْفَادِ (38) هَذَا عَطَاؤُنَا فَامْنُنْ أَوْ أَمْسِكْ بِغَيْرِ حِسَابٍ (39) وَإِنَّ لَهُ عِنْدَنَا لَزُلْفَى وَحُسْنَ مَآبٍ (40) }

    صدق الله العظيم [ص]

    Seandainya Nabi Allah Sulaiman melihat dan menyadari bahwa dia bisa mengkompensasi sholatnya, nescaya dia tidak memotong kaki dan leher kuda-kudanya, sungguhpun sememangnya dia tidak patut berbuat begitu.

    Akan tetapi dia berada dalam keadaan dan situasi murka/marah, bahwa kuda-kudanya itulah yang menyebabkan kelalaiannya dari sholat yang difardhukan, maka dia tidak akan bisa untuk mengkompensasinya, kecuali dengan pertobatan dan pendekatan diri (kepada Allah).

    Allah Ta'ala berfirman:

    وَوَهَبْنَا لِدَاوُودَ سليمان نِعْمَ الْعَبْدُ إِنَّهُ أَوَّابٌ (30) إِذْ عُرِضَ عَلَيْهِ بِالْعَشِيِّ الصَّافِنَاتُ الْجِيَادُ (31) فَقَالَ إِنِّي أَحْبَبْتُ حُبَّ الْخَيْرِ عَنْ ذِكْرِ ربّي حَتَّى تَوَارَتْ بِالْحِجَابِ (32) رُدُّوهَا عَلَيَّ فَطَفِقَ مَسْحًا بِالسُّوقِ وَالأَعْنَاقِ (33) وَلَقَدْ فَتَنَّا سليمان وَأَلْقَيْنَا عَلَى كُرْسِيِّهِ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ (34) قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لا يَنْبَغِي لأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ (35) فَسَخَّرْنَا لَهُ الرِّيحَ تَجْرِي بِأَمْرِهِ رُخَاءً حَيْثُ أَصَابَ (36) وَالشَّيَاطِينَ كلّ بَنَّاءٍ وَغَوَّاصٍ (37) وَآخَرِينَ مُقَرَّنِينَ فِي الأَصْفَادِ (38) هَذَا عَطَاؤُنَا فَامْنُنْ أَوْ أَمْسِكْ بِغَيْرِ حِسَابٍ (39) وَإِنَّ لَهُ عِنْدَنَا لَزُلْفَى وَحُسْنَ مَآبٍ (40)

    Dan Kami karuniakan Sulaiman kepada Daud, dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat ta’at [kepada Tuhannya]. (30)

    [ingatlah] ketika dipertunjukkan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore. (31)

    Maka ia berkata: "Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik [kuda] sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan". (32)

    "Bawalah semua kuda itu kembali kepadaku". Lalu ia potong kaki dan leher kuda itu. (33)

    Dan sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan [dia] tergeletak di atas kursinya sebagai tubuh [yang lemah karena sakit], kemudian ia bertaubat. (34)

    Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". (35)

    Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya, (36)

    dan [Kami tundukkan pula kepadanya] syaitan-syaitan, semuanya ahli bangunan dan penyelam, (37)

    dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu. (38)

    Inilah anugerah Kami, maka berikanlah [kepada orang lain] atau tahanlah [untuk dirimu sendiri] dengan tiada pertanggungan jawab. (39)

    Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan yang dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik. (40)

    Maha Benar Allah
    [Shod]


    إذاً، إذا غابت شمس النهار وأحدكم لم يُصلِ فرضه فليس لهُ إلا التوبة في كتاب الله فيصلي ركعتين نافلة له عند ربه أن يغفر له ذلك، فلا تلهِهِ الحياة الدُنيا وزينتها عن ذكر ربه.


    Oleh itu, bilamana matahari siang hari telah terbenam dan seseorang dari kalian belum menunaikan sholat yang menjadi kewajibannya (fardhunya), maka tidak ada baginya di dalam kitab Allah selain bertobat, dan kemudian sholat dua roka'at sebagai nafilah (tambahan) baginya di sisi Tuhannya, memohon agar Allah mengampuni baginya atas kelalaiannya itu. Maka janganlah kehidupan dunia dan keindahannya itu melalaikan dia dari mengingat Tuhannya.


    فأما الصلاة المفروضة فقد ذهبت عليه بذهاب وقتها، وأما الرواية فهي مُفتراه؛ ذلك لأني أعلم الحكمة من افترائها وهو أن يضيّع المسلمون صلواتهم ويعتمدوا على صلاة الكفارة المُفتراة! فكيف لا وهي تُكَّفر أربعمائة سنة فتُنقذ ولده وأهله ووالديه وأهل بلده!! إذاً سوف يضيعوا الصلوات ويعتمدوا على صلاة الكفارة لأنها أعظم أجرا! قاتلهم الله أنى يؤفكون.

    Adapun sholat yang diwajibkan, maka sesungguhnya ia berlalu dengan berlalunya waktu sholat itu. Adapun riwayat itu, maka ianya adalah riwayat yang dibuat-buat/diada-adakan, karena aku tahu hikmah dan tujuan jahat dari pembuatannya, yaitu agar orang-orang muslim menyepelekan dan meremehkan sholat-sholat yang wajib ke atas mereka, lalu mengandalkan Sholat Kaffarah yang diada-adakan lalu bergantung padanya
    !

    Bagaimana tidak, ia menjadi kaffarah selama empat ratus tahun, dan dapat menyelamatkan anaknya, keluarganya, ibubapanya dan penduduk-penduduk di negerinya!! Jadi, kelak mereka akan meremehkan sholat-sholat fardhu lalu mengandalkan Sholat Kaffarah karena pahala mengerjakannya itu lebih besar! Semoga Allah memerangi mereka, bagaimana bisa mereka dipalingkan.


    وإنما الركعتين التي أخبرناكم عنها إنما هي ركعتي التوبة والإنابة أن يغفر له ما فعل، إن ربّي غفورٌ رحيم. فتُكتب له الركعتين نافلة عند ربه ويتوب عليه ويغفر له ما حدث منه غفلةً منه أو نسياناً إن ربّي غفورٌ رحيم.

    Adapun dua roka'at yang telah kami kabarkan pada kalian mengenainya, maka sesungguhnya ia adalah dua roka'at pertobatan dan kembali mendekatkan diri, supaya diampuni baginya atas apa yang telah dilakukannya, sesungguhnya Tuhanku Maha Mengampuni lagi Maha Menyayangi.

    Maka ditulis baginya dua roka'at nafilah (tambahan) di sisi Tuhannya, lalu Allah menerima tobatnya dan mengampuni baginya atas apa yang terjadi oleh kecerobohan dirinya, karena lalai ataupun lupa, sesungguhnya Tuhanku Maha Mengampuni lagi Maha Menyayangi.


    وسلامٌ على المرسلين، والحمدُ لله ربّ العالمين..
    الإمام المهديّ ناصر محمد اليماني.

    Salam ke atas para rosul dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam..

    Imam Mahdi Nasser Mohammed Al-Yamani
    _______________


    penerjemah:

    Zetsuhud
    أبو عزرا

    sumber:
    https://nasser-alyamani.org/showthread.php?p=5252


  3. افتراضي Fatwa Kaffarat Yamin (denda atas pelanggaran sumpah) bagi kaum muslimin yang takut kepada Allah Tuhan Semesta Alam..

    - 3 -

    [ لمتابعة رابط المشاركـــــــــة الأصلية للبيـــــــــــان ]
    lihat postingan asal keterangan


    الإمام ناصِر محمد اليماني
    Al-Imam Naser Mohammed Al-Yamani
    23 - 07 - 1437 هـ
    30 - 04 - 2016 مـ
    08:00 صباحاً
    ــــــــــــــــــــ



    فتاوى كفّارات اليمين للمسلمين الذين يخافون الله ربّ العالمين
    ..

    Fatwa Kaffarat Yamin (denda atas pelanggaran sumpah) bagi kaum muslimin yang takut kepada Allah Tuhan Semesta Alam..


    بِسْم الله الرحمن الرحيم، وسلامٌ على المرسلين، والحمد لله ربّ العالمين، أما بعد..
    يا حبيبي في الله، وما عساه أن يكون العهد إلا يميناً! والتراجع عن اليمين إلى فعل عملٍ خيرٍ يرضي الله فذلك يرضي الله، ولكن كفّارة ذلك إطعام عشرة مساكين ذلكم أحب الى الله من صيام كفّارة اليمين، وإنما صيام كفّارة اليمين لمن لم يستطِع أن يطعم عشرة مساكين فصيام ثلاثة أيامٍ.

    Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Mengasihanu, salam ke atas para rasul dan segala pujian bagi Allah Tuhan Semesta Alam, selanjutnya..

    Wahai kekasihku di jalan Allah, mungkin perjanjian dapat menjadi sebuah sumpah! Untuk membatalkan sumpah itu dengan melakukan perbuatan baik yang disukai Allah, maka yang demikian itu Allah meredhainya, akan tetapi kaffarah bagi yang demikian adalah dengan memberi makan kepada sepuluh orang miskin.

    Ini kerana yang demikian itu lebih dicintai oleh Allah dari melakukan puasa buat melunasi denda atas pelanggaran sumpah, sesungguhnya berpuasa untuk menebus pelanggaran sumpah hanyalah bagi mereka yang tidak mampu memberi makan kepada sepuluh orang miskin, maka dapat ditebus dengan berpuasa selama tiga hari.


    ولا يَقبل الله كفّارة اليمين إلا أن يكون رجوعك عن اليمين هو لفعل شيءٍ أحلّه الله وليس لارتكاب الحرام، على سبيل المثال: لو أقسم رجلٌ أن لا يسرق بعد اليوم فمن ثمّ سرق وأطعم من المال المسروق عشرة مساكين بظنّه أنّ ذلك كفّارة يمينٍ. ثم نقول: يا سبحان الله! إنّما الكفارة للرجوع عن اليمين الى فعلِ ما أحلّه الله لكم، وليس للرجوع لِما حُرّم عليكم، فلن يقبل الله كفّارة يمينٍ كي ترجع لفعل شيءٍ حرّمه الله وحتى ولو أنفق جبلاً من الذهب كفّارة يمينٍ ليعود الى ما حرّم الله فلَمَا تقبّل الله كفّارته، وكذلك الذين يحلفون كذباً بنيّةٍ مُبَيَّتةٍ، ثم يقول: "سوف أدفع كفّارة يمينٍ أو صيام أيامٍ". فلا قبول لذلك عند الله؛ بل يتوب الى الله متاباً أن لا يعود للحلف كذباً.

    Allah tidak menerima kaffarah sumpah kecuali sekiranya pembatalan sumpah yang kamu buat itu adalah untuk suatu perbuatan yang dihalalkan oleh Allah, bukan untuk melakukan suatu perbuatan yang haram, sebagai contoh: Seandainya seorang lelaki bersumpah untuk tidak mencuri lagi, namun kemudian dia mengulangi perbuatan mencuri lalu dia memberi makan sepuluh orang miskin dengan harta curian, dengan sangkaannya yang demikian itu sebagai kaffarah atas pelanggaran sumpahnya.

    Oleh itu kami katakan: Ya Subhanallah, aduhai Maha Suci Allah! Sesungguhnya kaffarah untuk pelanggaran sumpah adalah dengan melakukan perbuatan baik yang dihalalkan oleh Allah bagi kalian, bukan untuk kembali mengulangi perbuatan yang diharamkan ke atas kalian.

    Ini kerana Allah tidak akan menerima kaffarah sumpah seseorang yang dibuat untuk kembali mengerjakan suatu perbuatan yang diharamkan oleh Allah, meskipun dia menginfaqkan segunung emas sebagai tebusan atas pelanggaran sumpahnya, namun kembali mengulangi perbuatan yang Allah haramkan, maka Allah tidak menerima kaffarahnya.

    Demikan juga dengan orang-orang yang bersumpah palsu dengan maksud tersembunyi, lalu mengatakan: "Nanti aku akan bayar kaffarah sumpahku ini atau berpuasa beberapa hari". Maka yang demikian itu tidak diterima di sisi Allah; bahkan hendaklah dia bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benar taubat dan tidak mengulangi sumpah palsunya.


    وسلامٌ على المرسلين، والحمد لله ربّ العالمين..
    أخوكم الإمام المهديّ ناصر محمد اليماني.

    Salam ke atas para rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam..

    Saudara kalian Al-Imam Al-Mahdi Naser Mohammed Al-Yamani.

    ______________


    sumber:
    https://nasser-alyamani.org/showthread.php?t=1613


ضوابط المشاركة
  • لا تستطيع إضافة مواضيع جديدة
  • لا تستطيع الرد على المواضيع
  • لا تستطيع إرفاق ملفات
  • لا تستطيع تعديل مشاركاتك
  •